thumbnail Title: Formasi CPNS 2010, 2.805 Honorer Pemko Medan Antre
Posted by:spentura
Published :2010-06-04T19:28:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 213 Reviews
Formasi CPNS 2010, 2.805 Honorer Pemko Medan Antre

Informasi Halaman :
Author : Apit Prayitno, Staf Administrasi di SMP Negeri 1 Rakit, Kabupaten Banjarnegara.
Judul Artikel : Formasi CPNS 2010, 2.805 Honorer Pemko Medan Antre
URL : http://apitprayitno.blogspot.com/2010/06/formasi-cpns-2010-2805-honorer-pemko.html
Bila berniat mencopy-paste artikel ini, mohon sertakan link sumbernya. ...Selamat membaca.!

Formasi CPNS 2010, 2.805 Honorer Pemko Medan Antre

MEDAN- Formasi pengangkatan Calon Pegawai negeri Sipil (CPNS) di jajaran Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) tahun 2010 lebih mengutamakan pelamar umum. Sebab pegawai honorer Pemprov telah habis dan diangkat sebagai CPNS tahun 2009 lalu.

Hal itu diungkap Kepala Bidang (Kabid) Pe-ngadaan dan dan Pembinaan BKD Provsu Pandapotan Siregar SH, kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (2/6). Dijelaskannya, Database 2009 Pemprovsu lalu mencatat, seba-nyak 255 pegawai honorer telah diangkat menjadi CPNS. “Jadi, untuk formasi 2010 kemungkinan penerimaan lebih memprioritaskan dari pelamar umum,” ujarnya.

Dia mengakui, berdasarkan pernyataan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) EE Mangindaan formasi CPNS 2010 memberikan kuota yang lebih besar terhadap pegawai honorer yakni sebesar 40 persen, namun karena kenyataannya di Pemprov sendiri sudah tak ada tenaga honorer, maka instruksi itu tak berlaku.

Pada formasi CPNS tahun 2009 lalu kata dia, kuota terhadap pegawai honorer hanya sebesar 30 persen sedangkan tahun ini meningkat 10 persen. “Sekarang menjadi 40 persen untuk pegawai honorer dan 60 persen bagi pelamar umum,” bebernya.

Walau demikian kata dia, hal itu belum bisa dipastikan kebenarannya karena masih menunggu keputusan langsung dari pusat ke daerah. “Biasanya BKD baik Provsu maupun kab/kota, akan dipanggil dan melaksanakan rapat terlebih dahulu dengan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara. Setelah itu, barulah bias diberitahukan data lengkapnya berapa CPNS yang akan diterima dan sebagainya,” tambahnya.
Sementara di Pemko Medan sendiri, saat ini sebanyak 2.805 tenaga honor mengantri untuk diangkat menjadi CPNS. Jumlah itu berkurang 182 honorer yang tahun lalu sudah diangkat menjadi PNS. Meski demikian, Pemko Medan belum mengetahui pasti apakah akan ada pengangkatan pada formasi penerimaan CPNS tahun ini. “Kita masih menanti dari pusat. Kalau memang ada formasi, maka kita akan umumkan. Tapi sejauh ini belum ada kabar,” kata Hanas Hasibuan Kabag Humas Pemko.

Tahun lalu kata Hanas, 182 tenaga honor sudah diangkat menjadi PNS. Meskipun belum menerima NIP karena data mereka masih berada di BKN. “Tahun lalu 182 tenaga honorer sudah diangkat jadi PNS. Bisa jadi tahun ini juga ada lagi, kita lihat saja kepastian dari pusat,” sambung Hanas.
Dari 2.805 tenaga honor yang bertugas di lingkungan Pemko Medan, lumbungnya berada di sejumlah SKPD seperti RS Pirngadi, Dinas Pertamanan, Dinas Kebersihan, Badan Perparkiran dan Dinas Pendidikan.

Khusus di Dinas Pendidikan, khususnya guru yang masih menjadi honor bahkan jumlahnya mencapai 16.648 orang. Jumlah di luar yang ada di database BKD, sejumlah 2.905 orang. Dari jumlah itu, yang terbanyak tenaga honorer guru adalah di tingkatan SD dengan jumlah 7.175, disusul SMP 4.219, SMA sebanyak 3.134 dan SMK sebanyak 2.120 orang.

Terpisah, Kepala Bidang Program dan Mutasi di BKD Kota Binjai Bahrin juga mengatakan hal yang sama. Menurutnya, sampai saat ini Pemko Binjai belum mengetahui apakah pengangkatan CPNS formasi untuk tahun 2010 akan dilakukan.

Kalau di PP No.48 tahun 2005 perubahan PP No.43 tahun 2007 kata Bahrin, dikatakan bahwa, setiap tenaga honorer yang gajinya dari APBD atau APBN, bisa diangkat menjadi PNS. Sementara, kalau tenaga honorer yang gajinya non APBD atau APBN, sampai sekarang belum ada peraturannya. “Itu makanya sekarang lagi diurus, namanya Rancangan Pertauran Pemerintah (RPP),” ujar Bahrin.RPP untuk tenaga honorer sambungnya, sudah diurus selama setahun terakhir di Menpan dan BKN. Bahkan, sampai sekarang belum diketahui apa hasilnya. “Kami belum ada dapat kabar, apakah peraturan baru bisa mengangkat tenaga honorer yang gajinya non APBD atau APBN,” ucapnya.

Parahnya, Bahrin tidak mengetahui berapa jumlah tenaga honorer di Kota Binjai untuk tahun 2010 ini. “Kalau jumlah tenaga honorer saya belum tahu, soalnya data masih di setiap Dinas dan belum ada menyerahkan laporannya kepada kami. Sebab, yang menggaji tenaga honorer di setiap Dinas adalah Dinas itu sendiri,” tandasnya.

Hal yang sama juga diakui oleh BKD Kabupaten Karo dan Langkat. Kedua kabupaten tersebut sampai kini belum bisa memstikan apakah akan melakukan rekrutmen CPNS tahun ini. “Tembusan hal itu hingga hari ini (kemarin) belum sampai kepada kami. Jika memang demikian kita juga turut menyambut gembira,” sebut Kepala BKD Kabupaten Karo, Drs Kawar Sembiring.

Menurut Kawar, sebelumnya pihak honorer juga kerap mendatangi BKD Karo, guna menanyakan status mereka terkait pengakatan jadi CPNS. Namun menurutnya, sejauh ini, tenaga honorer yang jumlahnya sekitar seratusan (diberbagai SKPD), yang belum diangkat menjadi CPNS, terkait adanya masalah di data base.

Di tempat lain Kabag Humas Pemkab Langkat Syahrizal menjelaskan pihaknya masih menunggu informasi formasi Meneg PAN. “Sampai saat ini kami belum dapat kabar, biasanya kalau ada penerimaan CPNS baru, paling di Bulan September, tapi keterangan resmi belum kita terima dari instansi bersangkutan, mungkin keberangkatan Kepala BKD ke Jakarta terkait persoalan dimaksud, kita tunggu saja lah kabar resminya,” tutupnya. (mag-13/ful/mag-4/ndi/wan)

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di www.watubudug.blogspot.com

0 comment:

Post a Comment

STATISTIK

ADVERTISE

***KOMENTAR ANDA AKAN TAMPIL DI SINI KETIKA ANDA MEMBERI KOMENTAR PADA POSTING BERITA KAMI***
Cyber Banjarnegara